Kamis, 23 September 2010

Kesuksesan Warren Buffett


Salah satu orang terkaya di dunia, Warren Buffett, pada suatu hari memanggil ketiga anaknya sebelum merelakan 31 miliar dolar AS untuk disumbangkan ke yayasan sosial.
Terjadilah “transfer of wealth” dengan penyerahan hak yang luar biasa.
Siapa saja anaknya?

1. Howard Graham Buffett (businessman, politikus, ahli agriculture, fotografer, pekerja konservatori/perlindungan hewan, dan penulis buku)
2. Peter Buffett (musikus, komposer, produser lagu & film)
3. Susie Buffett (pengelola Buffet Foundation)

Ketiga anaknya ini semua bekerja dan tidak ada yang menganggur menikmati harta orangtuanya yang melimpah. Ketiganya juga setuju untuk melepaskan sebagian besar hak waris mereka kepada badan sosial untuk kemanusiaan.

Mengapa Warren Buffett melakukan hal ini? Hartanya, seharusnya dapat diwariskan lebih banyak ke anak-anaknya! Tetapi dia justru memutuskan untuk memberikan sebagian besar hartanya kepada badan sosial.

Jawabnya, “I want to give my kids JUST ENOUGH, so they would feel that they could DO ANYTHING but NOT SO MUCH, that they would feel like DOING NOTHING,” (saya mau memberikan kepada anak-anak saya secukupnya saja sehingga mereka merasa masih perlu melakukan segalanya, tetapi tidak terlalu banyak supaya mereka tidak merasa tak perlu lagi melakukan apa-apa).

Buffett, yang menjadi manusia terkaya di dunia pada tahun 2008 itu, tidak hanya berhasil membangun dan mewariskan kekayaan secara fisik, tetapi juga berhasil mewariskan nilai-nilai yang benar tentang kekayaan kepada anak-anaknya, sehingga mereka rela melakukan penyerahan hak waris atas kekayaan ayahnya kepada orang-orang yang lebih memerlukan.

Apa yang akan kita wariskan ke anak-anak kita??

(disadur dari “Kingdom Financial Class”)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar