Senin, 05 Juli 2010

Inspire


Kunci Sukses Sejati

Sebuah kisah indah yang patut menjadi hikmah dan renungan.
Alkisah, ada sekawanan burung Rallidae (jenis burung yg hidup dirawa-rawa) yang sedang bersiap-siap untuk terbang melakukan migrasi tahunan kewilayah yang lebih subur. Saat itu ada seekor katak yang memiliki semangat petualangan tinggi meminta tolong diajak pergi.
Katak itu ingin menjelajah dunia lain yang lebih indah. Sang katak itu bercita-cita besar terbang tinggi melihat keindahan bumi. Ia ingin meraih kebanggaan untuk dirinya, dan ia tak mau sama "nasibnya" dengan katak-katak yang lain yang hanya bisa melompat-lompat. Untuk itulah, ia meminta pada sekawanan burung itu agar diajak serta terbang tinggi mengunjungi daerah lain.
Singkat cerita, burung-burung tersebut setuju dengan keinginan katak. Hanya persoalannya, bagaimana cara membawanya terbang? Namun katak tak kehilangan akal, iapun mengeluarkan usulan kreatif yang brilian. Diraihnya akar rumput panjang dan dimintanya dua ekor burung rallidae memegang kedua ujung akar dan membawanya terbang, dan sang katakpun bergantung ditengah akar itu dengan menggunakan mulut.
Terbanglah sang katak. Ia sungguh bahagia. Ia bisa mewujudkan mimpi dan menyaksikan pemandangan yang indah. Setiap melintasi suatu daerah, ada saja yang mendongak keatas dan melihat perilaku dua burung dan katak itu dengan pandangan takjub. Diantara mereka yang kagum dengan lantang berteriak,"siapakah sijenius yang memiliki ide luar biasa seperti itu? Sungguh hebat dia!" teriakan itu didengar sikatak, rasa pongah dan sombongnyapun muncul. ia ingin seluruh penghuni dimuka bumi ini tahu bahwa dirinyalah si pintar yang memiliki ide inovatif itu. Maka seketika itu ia membuka mulutnya dan berteriak, "Saya! saya sijenius itu". Saat itu juga sang katak terjatuh dan mati dengan tubuh pecah tanpa bentuk.
Begitulah nasib sang katak yang tak kuat menahan diri terhadap pujian. Merasa memiliki kelebihan dan kehebatan ia terperosok dalam kesombongan. Ketika katak menutup mulutnya, maka ia adalah sijenius itu. Dan ketika ia membuka mulutnya, kepintaranya langsung hilang, ia menjadi mahluk paling tolol dan bernasib sangat tragis. Hancur luluh lantak tubuhnya.
Dear..., didunia ini, sudah tak bisa dihitung lagi berapa orang yang hancur karena kesombongannya, keangkuhan membuat ia lupa diri, tak kuat menerima pujian, selalu meremehkan dan merendahkan orang lain. Akhirnya ia tergelincir dan terpental hancur bersama sikap takaburnya. Para sukses sejati adalah mereka yang inovatif, cerdas, tapi juga selalu bersikap rendah hati dan tak lupa diri. mereka memiliki visi yang jauh kedepan, tapi sekaligus selalu "menginjakan kedua kaki" dimuka bumi. Kesuksesannya tak hanya membawa kebahagiaan pada diri sendiri, tapi juga orang lain dan lingkungan yang lebih luas. Itulah rahasia sukses sejati

( disadur dari kisah inspirasi BNI precious edisi juni 2010)

1 komentar:

  1. ◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈ ░█░░░█░█░▄▀░█▀▀░░░░▀█▀░█░█░█░▄▀▀░ ░█░░░█░█▀░░░█▀░░▄▄░░█░░█▀█░█░░▀▄░ ░█▄▄░█░█░▀▄░█▄▄░░░░░█░░█░█░█░▄▄▀░ ◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈

    BalasHapus